adsense

Sunday, May 6, 2012

Dua Katak

Sekelompok katak sedang bepergian melewati sebuah hutan kayu, dan tiba-tiba dua di antaranya terjatuh kedalam lubang yang sangat dalam. Ketika katak yang lainnya melihat seberapa dalam lubang tersebut, mereka berkata kepada kedua katak tadi bahwa mereka sama baiknya dengan mati, karena lubang tersebut terlalu dalam dan tidak mungkin mereka berdua mampu memanjatnya. Kedua katak itu tidak menghiraukan komentar kawan-kawannya, mereka mencoba melompat dan terus melompat untuk keluar dari lubang tersebut dengan segala kemampuannya. Katak-katak yang berada di atas tetap meneriaki mereka untuk berhenti mencoba, karna memang lubang itu masih terlalu dalam untuk di panjat. Akhirnya, salah satu katak putus asa, kemudian menuruti teriakan teman-temannya untuk berhenti mencoba. Dia menyerah, terjatuh ke bawah, dan mati.

Katak yang satunya masih meneruskan untuk melompat, sekuat yang dia bisa. Sekali lagi, kawanan katak yang berada di atas meneriakinya untuk menghentikan usahanya, tak perlu merasakan kesengsaraan ketika melompat naik, dan mati adalah pilihan terbaik. Bukannya berhenti, katak tersubut malah melompat lebih keras dan lebih tinggi, dan akhirnya dia berhasil sampai di atas dan bebas. Ketika dia keluar, salah satu katak bertanya, "Tidakkah tadi kamu mendengar kami?"

Katak tersebut menjelaskan pada mereka, bahwa dirinya tuli. Dia berfikir mereka tadi sedang mendukungnya untuk terus melumpat sampai ke atas.

source : http://www.indianchild.com/two_frogs.htm

1 comment:

  1. cerita ini mengajarkan 2 pelajaran :
    1. itulah kekuatan dari sebuah lidah, yang berakibat pada kehidupan dan kematian. Kata yang penuh dengan dukungan kepada seseorang yang sedang terpuruk, dapat membawanya ke arah yang lebih baik untuk melewati hari2nya.

    2. Kata2 yang merusak yang dilontarkan kepada seseorang yang sedang terpuruk dapat menjadikan suatu sebap untuk membuat dia menjadi lebih buruk lagi.

    Berhati2lah pada apa yang kamu katakan. Berbicaralah dengan baik kepada siapa saja yang menlintangi jalanmu. Kekuatan dari sebuah kata,. adalah sesuatu yang sangat sulit untuk di mengerti.

    ReplyDelete

Pacitan Tourism