adsense

Thursday, April 2, 2015

Biskuit Gosong

Ketika aku masih kecil. Ibuku biasanya membuatkan makanan kecil disamping menu makan malam, hal itu berlanjut sampai sekarang. Aku ingat, pada saat itu di suatu malam, ibuku membuat makanan kecil dan makan malam setelah ibuku bekerja seharian. Pada saat itu ibuku menyajikan sepiring telur dadar, sosis dan sebuah biskuit yang tampak kecoklatan. Biskuit itu terlihat gosong. Ibu meletakkan semuanya itu di depan meja makan ayah. Aku menunggu, apakah ada yang menyadari bahwa biskuit itu gosong. Tampaknya ibuku sendiri tidak mengetahui bahwa biskuit yang dibuatnya barusan terlihat gosong.


Aku melihat tangan ayah meraih biskuit itu, memakannya. Kemudian tersenyum dan berbincang dengan ibuku. Kemudian bertanya tentang hari-hariku disekolah. Aku tidak ingat tentang jawabanku kepada ayah atas pertanyaanya itu. Tetapi aku ingat dengan pasti, ayah mengoleskan mentega dan jelly diatas biskuit itu dan memakannya dengan santai.
Dan aku masih ingat, ketika bangun pada pagi harinya, aku mendengar suara ibuku meminta maaf kepada ayahku atas biskuit yang gosong itu. Aku tak akan pernah melupakan atas apa yang dikatakan ayahku pada waktu itu, "Sayang, walaupun biskuit itu gosong, aku tetap menyukainya.

Kemudian malamnya, saya mengucapkan selamat tidur untuk ayah dan sekalian bertanya apakah ayah benar benar menyukai biskuitnya yang gosong. Ayahku meletakkan tangannya di kepalaku sambil berkata, "Ibumu telah bekerja keras membuatnya, dan aku tahu, saat itu ibumu benar benar sedang lelah. Dan juga, sedikit biskuit gosong tidak akan melukai siapapun. Iya kan?"

Pesan Moral : Kehidupan ini penuh dengan ketidak sempurnaan. Aku bukan orang yang terbaik dalam menangani suatu masalah, dan kadang aku melupakan hari ulang tahun ataupun hari jadi lainnya, sama seperti orang lain. Tetapi apa yang telah aku pelajari saat ini ialah belajar untuk menerima kesalahan orang lain, juga belajar untuk mengambil suatu sisi baik dari suatu kesalahan orang lain. Hal hal tersebut adalah kunci penting untuk membuat hubungan yang sehat.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism