adsense

Sunday, March 15, 2015

Khandya, Keledai yang Malas

Bhola memiliki seekor keledai bernama Khandya. Bhola adalah seorang tuan yang baik dan penuh toleransi, sedangkan Khandya adalah keledai yang malas dan selalu mencari cari alsan untuk menghindar dari pekerjaannya.

Pada suatu hari, ketika Bhola dan keledainya, Khandya kembali dari berbelanja di kota dengan membawa tumpukan garam yang diletakan di atas punggung Khandya. Tanpa disengaja, Khandya terpeleset dan terjatuh kedalam sungai yang dangkal. Dalam perjalanan pulang setelah tercebur kesungai itu, Khandya menyadari bahwa air sungai telah mengurangi bebannya dikarenakan garam tersebut tercampur dan larut dalam air.

Beberapa hari berikutnya, Khandya dengan sengaja jatuh kedalam sungai agar beban garam yang diangkutnya bisa berkurang. Hal ini terjadi setiap hari. Bhola tidak senang dengan kejadian tersebut. Bhola banyak merugi dalam perjalanan pulang dikarenakan garam bawaannya selalu tercampur dan larut di dalam air. Bhola memutuskan untuk memberi pelajaran kepada keledainya, Khandya.

Esoknya, Bhola mengganti garam yang selalu dibawanya dengan tumpukan kapas. Khandya tidak menyadari perubahan tersebut. Seperti yang biasanya terjadi, Khandya sengaja jatuh kedalam air sungai dan membuat barang bawaanya basah. Dia terkejut, setelah terkena air, barang bawaannya berubah menjadi lebih berat, karena sifat kapas adalah menyerap air. Bukan hanya itu, Bhola juga tidak segan untuk memukul Khandya jika dia mulai terlihat malas.Sejak kejadian itu, Khanda belajar dari kesalahannya dan mulai mencoba untuk bekerja dengan baik.

Pesan Moral: Bekerjalah dengan Jujur dan tulus, karena kemalasan pada akhirnya akan menghancurkanmu.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism