adsense

Monday, March 9, 2015

Seutas Tali Kaki Gajah

Seorang pria sedang berjalan melewati seekor gajah, tiba-tiba dia berhenti, bingung mengenai kenyataan bahwa makhluk sebesar itu bisa ditahan oleh sebuah tali yang ukurannya sangat kecil yang di ikatkan pada kedua kaki belakangnya. Tanpa rantai, tanpa kurungan. Sudah jelas sekali bahwa gajah itu, sewaktu-waktu dapat dengan mudah memutuskan tali itu, tetapi karena suatu hal, dia tidak melakukannya.

Dia memandang seorang pelatih gajah di dekatnya dan bertanya mengapa gajah itu hanya berdiri diam disana dan tidak berusaha untuk lari. "Terus terang,"kata si pelatih itu, "Gajah-gajah itu, ketika mereka masih sangat muda dan lebih kecil, kami menggunakan tali dengan ukuran yang sama untuk mengikat kaki mereka, dan tentu saja, pada usia mereka dulu, tali tali itu cukup kuat untuk menahnnya. Sekarang, setelah mereka tumbuh besar, mereka masih mengira bahwa mereka tidak dapat memutuskan tali itu dan lari.

Pria tadi terkesima dengan penjelasan itu. Gajah-gajah itu sebenarnya bisa memutus tali itu dan lari, tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak dapat melakukannya, itu membuat mereka tetap tertali disana.

Sama sperti manusia, banyak orang mengira bahwa dirinya tidak dapat melakukan sesuatu hanya karena mereka pernah gagal sekali sebelumnya. Kegagalan adalah bagian dari belajar; kita seharusnya tidak pernah menyerah dalam kehidupan ini.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism