adsense

Sunday, March 8, 2015

Satu Pound Tepung

Timbangan Neraca
Pada jaman dahulu terdapat seorang petani yang menjual satu pound tepung kepada pembuat roti. Pada suatu hari si pembuat roti memutuskan untuk menimbang apakah timbangan itu benar-benar 1 pound atau tidak. Ternyata timbangan itu tidak sampai pound. Masalah ini pun akhirnya sampai ke pengadilan. Hakim pengadilan bertanya kepada si petani tentang jenis timbangan apa yang si petani gunakan.

Petani menjawab,"Yang mulia, saya ini ketinggalan jaman. Saya tidak memiliki timbangan yang layak, tapi saya memiliki timbangan neraca."
Kemudian Hakim bertanya,"Lalu, bagaimana kamu menimbang tepung itu?"

Petani menjawab,"Yang mulia, sebelum tukang roti membeli tepung dariku,  saya selalu membeli satu pound roti tawar darinya. Setiap hari, ketika tukang roti membawakan satu pound roti tawar, saya meletakkan nya di timbangan neraca milik saya dan memberinya tepung dalam jumlah yang sama. Jika ada seseorang yang harus disalahkan, itu adalah Si pembuat roti."

Pesan Moral : Dalam hidup ini kita mendapatkan sama, dengan yang kita berikan. Kejujuran dan kebohongan akan menjadi sebuah kebiasaan. Beberapa orang berlatih cara berbohong dan bisa melakukannya tanpa ekspresi. Beberapa orang yang lain terlalu banyak berbohong sehingga dia tidak tahu lagi apa yang dia katakan adalah kebenaran atau tidak.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism