adsense

Friday, May 8, 2015

Memancing Ikan

Seorang pria sedang memancing menggunakan perahu di sebuah danau tempat pemancingan ikan. Danau itu dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang mewajibkan setiap orang yang memancing disana memiliki surat ijin Memancing.

Sebuah ember penuh berisi ikan terlihat disamping pria itu. Ketika pria itu akan pergi ketipi danau membawa pulang hasil tangkapannya, seorang pengawas danau mendekatinya dan bertanya, "bisakah aku melihat Surat ijin memancingmu?"


"Maaf pak, aku tidak punya." Jawab pria itu. "Aku tidak butuh surat ijin seperti itu untuk memancing disini. Ikan ikan ini adalah ikan peliharaanku."
"Ikan peliharaan?" tanya pengawas danau itu heran.
"Ya, setiap satu minggu sekali aku membawa ikan ikanku ke danau ini membiarkannya berenang disini sementara waktu. Kemudian ketika aku merasa sudah cukup, aku akan bersiul dan kemudian ikan ikan itu akan berenang dengan sendirinya ke jaringku ini dan aku akan membawanya kembali pulang." Terang pria itu.
"Apa yang kamu bicarakan. Itu hal yang tidak masuk akal. Kamu akan aku tahan!" jawab pengawas danau dengan marah.
"Aku berkata jujur pak pengawas, aku akan menunjukkannya kepadamu! warga kampungku selalu melakukan cara seperti ini untuk menjaga ikan ikan mereka tetap sehat." jawab pria itu mencoba meyakinkan pengawas danau.
"Benarkah?" tanya pengawas danau sambil tersenyum licik."kalau begitu, buktikan!"

Pria itu kemudian mengangkat embernya, kemudian menmasukkan kembali ikan ikan itu kedalam danau. Pria itu berdiri dan menunggu. Setelah beberapa menit, pengawas danau berkata,"Terus?"
"Terus apanya?" tanya pria itu bingung.
"Kapan kamu akan memanggil mereka kembali?" tanya pengawas danau itu tidak sabar.
"Memanggil siapa?" balas pria itu.
"Ikan ikannya!!" jawab pengawas danau itu kesal.
"Ikan apa?" tanya pria itu lagi.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism