adsense

Monday, May 11, 2015

Nilai Sebuah Kerja Keras

Pada jaman dahulu, di sebuah desa kecil, hiduplah seorang pemuda dengan kehidupan yang sangat sederhana. Ia tinggal di sebuah gubuk kecil. Jika angin bertiup kencang, di dalam gubuk itu akan terasa dinginan karena angin dingin mampu menembus dinding dinding nya yang terbuat dari bambu-bambu. Pemuda itu tinggal seorang diri. Orangtuanya sudah meninggal akibat sakit yang tidak tersembuhkan.

Banyak orang yang kasihan kepada pemuda itu, namun dia tidak pernah sekalipun menggunakan kesempatan itu untuk meminta-minta dari mereka. Setiap bantuan yang diberikan kepadanya atas dasar asihan, ditolaknya dengan halus. Kalaupun ada yang memaksa dan ia harus menerima, ia akan menawarkan tenaganya sebagai ganti pemberian tersebut. Sikap itulah yang membuat si pemuda sangat dihargai oleh penduduk desa.

Kebiasaannya untuk bekerja tanpa pilih pilih membuat ia jadi pemuda yang serba-bisa. Dengan pengalamannya, ia jadi terampil melakukan banyak hal. Semua itu dia dapatkan dari pengalaman dan kerja keras.

Pada suatu hari, ia mendengar sayembara, bahwa sang raja sedang mencari ahli yang bisa membuat sistem pengairan untuk membasahi lahan pertanian di kota yang pada saat itu sedang dilanda kekeringan. Hanya saja, sumber air itu terletak jauh dari kota dan berada di tempat yang lebih rendah. Akan sangat sulit untuk mengalirkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi.

Banyak insinyur dan ahli teknik yang mencoba mengikuti sayembara itu. Banyak sekali yang gagal mengalirkan air itu ke atas. Beberapa orang memang berhasil mengalirkannya, tetapi debit airnya masih belum cukup untuk membasahi seluruh lahan pertanian. Begitu juga si pemuda. Ia ikut mencoba peruntungannya. Dengan pengalamannya, ia mencoba memecahkan masalah itu. Hasilnya, pemuda itu gagal. Tapi, ia tak menyerah. Meski tidak berpendidikan tinggi, ia yakin, pengalamannya bisa membantu memecahkan masalah itu. Sayang, tekad itu malah membuatnya dilecehkan para teknisi yang jadi pesaingnya. “Kami saja kesulitan, kamu yang tidak sekolah mana bisa memecahkan masalah ini?” celap para insinyur dan ahli tekhnik itu

Si pemuda tak menggubris perkataan itu. Hari demi hari, ia terus mencoba. Berbagai teknik berhasil ia pelajari dari kegagalan para teknisi yang lain, kemudian disempurnakannya. Pemuda itu mencoba lagi, kemudian gagal, namun ia masih mencoba lagi. Ia pun makin dilecehkan. Beberapa karya dari teknisi yang nyaris berhasil dia pelajari dengan teliti dan dicobanya kembali dengan metode yang lain.

Siang malam, si pemuda mencoba menyambung pipa-pipa dengan pompa buatan yang sampai hari itu merupakan akumulasi dari sekian banyak kegagalan dan penyempurnaan teknik. Saat para teknisi sudah mulai menyerah satu per satu, ia tetap mencoba. Akhirnya, dengan kejeliannya memperbaiki dan menyempurnakan alatnya, si pemuda berhasil mengalirkan air sungai itu ke lahan pertanian di kota. Tanah kering yang sudah terlihat retak-retak pun kembali tersentuh air segar sehingga kembali menghidupkan tanaman di lahan pertanian tersebut. Atas kegigihan dan keberhasilannya itu, si pemuda berhasil memenangkan sayembara itu dan dia diangkat menjadi pejabat di istana. Hal ini membuat hidupnya berubah menjadi jauh lebih baik.

Pesan Moral : Tidak akan ada yang namanya sia-sia dalam sebuah kerja keras. Hasil dari kerja keras itu akan muncul pada waktunya, bisa hari ini, esok, ataupun lusa.

4 comments:

  1. http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/06/kasian-anak-polisi-dicekoki-miras-dan.html

    http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/06/foto-hot-siswi-smp-berhubungan-badan.html

    http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/06/tak-terima-kesakitan-saat-disodomi.html



    HALLO TEMAN-TEMAN YUK DAFTARKAN SEGERA DIDOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN TEMAN-TEMAN^_^

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683 SILAHKAN DIADD YA:-)

    ReplyDelete
  2. Yang dimaksud dengan Kerja Keras adalah bekerja dengan sungguh-sungguh, sekuat daya dan tenaga, penuh semangat, pantang menyerah, untuk mencapai hasil terbaik, terlalu fokus pada pekerjaan, hingga tak punya waktu dan energi lagi untuk melakukan kegiatan yang lain.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya. Oiya, sebenarnya ada loh cara cerdas buat dapatkan penghasilan tambahan tanpa harus kerja keras. Dan ini cocok banget buat kamu yang gajinya pas-pasan atau ga naik-naik sampe sekarang. Mau tau caranya? Yuk, cek rahasianya di sini:
    Penghasilan Tambahan tanpa Harus Kerja Keras

    ReplyDelete

Pacitan Tourism